KEAGAMAAN


FADHILAH SHOLAT TARAWIH
 Malam ke-5
Malam ke-12
                                    Malam ke-5
Malam ke-10
Malam ke-9
Malam ke-8
Malam ke-6
Malam ke-7
 
1.     NU SEBAGAI JAM’IYAH DINIYAH
Jam’iyah artinya berasal dari bahasa arab artinya perkumpulan / organisasi, Diniyah artinya keagamaan. Jadi jam’iyah diniyah artinya perkumpulan / organisasi keagamaan. Arti yang lebih luas yaitu NU merupakan organisasi keagamaan yang memiliki azas/dasar, tujuan, pimpinan, anggota dan aturan yang harus diikuti berdasrkan akidah ahlussunnah wal jamaah dengan tujuan izzul islam wal muslimin / kejayaan islam dan umat islam. Sbg jamiyah diniyah, kegiatan pokok NU yaitu melaksanakan dakwah islam dalam rangka amar makruf (perintah kebaikan) dan nahi munkar (mencegah kemaksiatan). Berbagai cara dilakukan diantaranya dengan lailatul ijtima’/kegiatan rutin bulanan, dimana para kiyai dan ustad memberikan pengajian tentang islam dan faham ahlussunnah waljamaah. Selain itu juga dilaksanakan kegiatan lain diantaranya tahlilan, dibaan manaqib, istighotsah diberbagai masjid, musholla dan rumah rumah. Selain itu kegiatan dakwah juga dilakukan berbagai pada peringatan hari besar islam (PHBI). Sasaran kegiatan dakwah yaitu seluruh umat islam, terutama warga NU. Tujuannya agar mereka mengenal NU dan ajarannya serta meyakini kebenaran islam yang azas ahlussunnah wal jamaah.

2.     NU SEBAGAI JAM’IYAH  IJTIMA’IYAH
Ijtimaiyah artinya perkumpulan / organisasi kemasyarakatan. Yang dimaksud NU SEBAGAI JAM’IYAH Ijtimaiyah artinya NU sebagai organisasi keagamaan yang kegitannya tidak terbatas pada bidang agama saja tapi juga pada bidang kemasyarakatan, oleh sebab itu  NU melakukan usaha dibidang pendidikan, ekonomi, kesehatan dll dengan tujuan meningkatkan kesejahteraan umat.
Dibidang pendidikan NU berusaha meningkatkan kualitas pendidikan dengan menata dan mengembangkan lembaga pendidikan seperti pondok pesantren, madrasah dan sekolahan bahkan sampai ke perguruan tinggi, yang menanganinya yaitu : LP Maarif dan RMI.
Dibidang ekonomi, NU berusaha meningkatkan kesejahteraan umat  yang terutama diarahkan kepada kalangan ekonomi lemah meliputi bidang pertanian, perikanan, kerajinan dan industri kecil. Lembaga yg menanganinya LPNU/lembaga perekonomian NU dan  LPPNU/lembaga pengembangan pertanian.
Dibidang kesehatan, kemaslahatan dan kesejahteraan NU yang ditangani oleh Lembaga kemaslakhatan keluarga (LKKNU) dan lembaga peningkatan kesehatan (LPKNU) serta badan otonom seperti fatayat dan muslimat.

3.     POSISI ULAMA’ DALAM KEPEMIMPINAN NU
NU mempunyai ciri khas yg membedakan dengan organisasi lain yaitu menempatkan para ulama’ sebagai pemimpin tertinggi artinya ulama’ memgang kendali kebijakan, gerak dan pengawasan sehingga NU tetap pada tujuan utamanya.

0 comments: